14 December 2012

Istilah-Istilah Dalam Dalam Dunia Teknologi

SAS 

Serial Attached SCSI, adalah bus komputer yang digunakan untuk mengirimkan data ke dan dari perangkat penyimpanan komputer seperti harddrive dan tape drive. SAS menggunakan komunikasi serial sebagai pengganti metode komunikasi paralel yang digunakan pada SCSI sebelumnya. Pada umumnya, SAS digunakan dalam perangkat server karena memiliki bandwidth yang besar dan perangkat yang terhubung memiliki keandalan yang tinggi.


Perbedaan Visitor dan pageview blog

Visitor datang dari berbagai macam sumber, misalnya: search engine, direktori, social bookmark, dari blog/website lain, atau dari bookmark browser yang dibuat oleh pengunjung sendiri. Sedangkan pageview, mengacu pada jumlah halaman yang dibaca/dilihat oleh pengunjung/visitor. Perpaduan keduanyalah yang kemudian kita kenal dengan istilah traffic, yaitu perpaduan arus dan jumlah pengunjung serta halaman yang ditampilkan.

Jumlah visitor yang banyak belum tentu pageview-nya banyak. Misalnya, suatu blog memiliki visitor berjumlah 100 orang, masing-masing baca 1 halaman, berarti jumlah pageview-nya adalah 100. Sedangkan di blog lain, jumlah visitornya 75, masing-masing melihat 3 halaman, berarti jumlah pageviewnya 225.

Jumlah visitor yang banyak tidak menjamin jumlah pageview akan lebih banyak. Sebaliknya, jumlah visitor yang lebih sedikit pun belum tentu pageviewnya lebih sedikit dari yang dibandingkan sebelumnya. Mana yang lebih baik? Kalau ditanya soal ini, pasti jawabnya: visitor banyak dan pageview yang berkali lipat!

Kepanjangan GB dan Gb Beda

GB merupakan singkatan dari Gigabyte.
Gb merupakan singkatan dari gigabit.

Nilai 1 bits =1/8 bytes.

HBA

Host Bust Adapter, adalah perangkat yang menghubungkan host system (komputer) ke perangkat, network atau penyimpanan lain. Sering istilah "HBA" digunakan untuk perangkat yang terhubung ke perangkat SCSI, Fibre Channel, dan eSATA. Namun, perangkat yang terhubung ke IDE, Ethernet, Firewire, USB, dan sistem lain sering disebut dengan host adapter.
 

SSD

Solid-State Drive, adalah perangkat penyimpanan data yang menggunakan memory solid-state untuk menyimpan data persisten, SSD berbeda dengan hard disk drive (HDD) konvensional, yang berisi perangkat elektromekanis, spinning disks, dan read/write head yang bergerak. Sebaliknya, SSD menggunakanmicrochip yang menyimpan data dalam chip memory non-volatile. SSD memiliki keunggulan waktu start-up yang lebih cepat, tingkat kebisingan yang rendah, lebih hemat daya, dan lebih tahan terhadap goncangan.

TRIM

Perintah yang memungkinkan sistem operasi untuk menginformasikan blok data yang dianggap tidak digunakan lagi dan dapat dihapus secara internal pada solid-state drive SSD. TRIM memungkinkan SSD untuk menangani overhead sekumpulan garbage, yang secara signifikan dapat memperlambat kemampuan write pada blok yang telah teridentifikasi.

GLONNAS

Sistem navigasi satelit berbasiskan gelombang radio yang dioperasikan oleh Russian Space Forces milik pemerintahan Rusia. Sistem navigasi ini merupakan sistem alternatif yang serupa dengan teknologi GPS (Global Positioning System) milik pemerintahan US, teknologi Compass Navigation System milik China, teknologi Galileo Positioning System milik Uni Eropa, atau Indian Regional Navigation Satellite System milik India. Pengembangan projek GLONASS ini sidah dimulai sejak 1976 di Uni Soviet. Pada 2010 kemarin, area coverage sistem navigasi GLONASS telah mampu mencapai 100% wilayah Rusia. 

Cryogenic

Ilmu yang mempelajari materi dengan temperatur sangat rendah (di bawah -150˚C, -238˚F atau 123 K). Ilmu ini mempelajari cara memproduksi serta perilaku material pada temperatur tersebut. Dalam membahas cryogenic, tidak digunakan skala temperatur Fahrenheit atau Celsius yang umum digunakan masyarakat, melainkan digunakan skala Kelvin (pada awalnya digunakan skala Rankine).

Syntax

Aturan-aturan pengodean struktur bahasa pemrograman, ibaratnya grammar dalam berbahasa Inggris. Setiap jenis bahasa pemrograman mempunyai aturan syntax yang berbeda. Penulisan kode dengan syntax yang salah akan menimbulkan error atau kesalahan dalam kompilasi. 

OpenCL

Singkatan dari Open Computing Language, adalah framework yang digunakan untuk menulis program yang dieksekusi pada berbagai platform, antara lain CPU, GPU, dan processor lainnya. OpenCL juga menyediakan bahasa yang digunakan untuk memprogram kernel, OpenCL pertama kali dikembangkan oleh perusahaan Apple, yang kemudian dikolaborasikan dengan tim teknikal dari AMD, Intel, IBM, dan nVIDIA. 

1 komentar:

halim said...

nice info mas, kunjungan balik

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management